Tips Dahsyat Ketika Melakukan Olahraga Lari

Advertisement
Tips Dahsyat Ketika Melakukan Olahraga LariSkip Row Blog -  BERLARI merupakan jenis olahraga yang hemat dan menyehatkan tubuh. Saat otot kaki digunakan untuk berlari, tubuh membakar banyak kalori, sehingga terhindar dari risiko penyakit jantung, stroke dan diabetes. Agar Anda mendapatkan hasil sehat maksimal melalui olahraga lari, simak beberapa tips di bawah ini:

1.       Banyak minum dan jangan makan besar
Sebelum berlari, sebaiknya Anda jangan makan besar. Pasalnya, tubuh Anda memerlukan waktu dua hingga tiga jam untuk mencerna makanan dengan baik. Selain itu, jika Anda berlari usai makan besar, akan ada risiko kram perut, pusing dan muntah saat berlari. Kemudian, minumlah banyak air putih sebelum berlari agar Anda terhindar dari dehidrasi. Konsumsi air putih yang cukup dapat membantu aliran darah tetap lancar dan baik untuk kesehatan tubuh.

2.       Lakukan Pemanasan
Sebelum berlari, lakukan pemanasan seperti belari-lari kecil di tempat kemudian melakukan stretching. Hal ini dilakukan untuk menghindari cidera saat berlari. Anda bisa melakukan pemanasan selama beberapa menit untuk mempersiapkan otot-otot Anda sebelum berlari.

3.        Sepatu yang Tepat
Sebaiknya Anda menggunakan sepatu khusus berlari, karena desain sepatu ini berbeda dengan sepatu untuk olahraga lain. Jika tidak, pilihlah sepatu olahraga yang nyaman agar kaki tidak cidera saat berlari. Lebih baik gunakan juga kaus kaki agar dapat menyerap keringat di kaki, sehingga tidak banyak bakteri yang hinggap di kaki Anda yang basah.

4.       Jadwal Rutin
Buat jadwal rutin setiap minggu untuk berlari. Kalau bisa, buat juga target waktu yang akan dicapai. Misalnya, jika Anda membiasakan berlari secara rutin sejauh 2 kilometer dalam waktu 30 menit. Jika target sudah terlampaui, tambah jarak berlari serta tambahan waktu. Semakin rutin Anda berlari, semakin bugar tubuh Anda, serta bisa terhindar dari stres. Tapi ingat, Anda harus disiplin mematuhi jadwal dan target yang sudah ditetapkan.

5.       Rileks
Saat sedang berlari, upayakan agar tubuh rileks. Biarkan mulut dalam keadaan terbuka, jangan rapatkan bahu ke telinga, dan biarkan tangan tetap rileks. Hindari posisi mengepalkan tangan, sebab posisi yang benar adalah seolah-olah tangan menggenggam sebutir telur dan menjaganya agar tidak pecah saat berlari.

6.       Teknik Pernapasan
Saat berlari, teknik pernapasan yang tepat yaitu tarik nafas lewat hidung, kembangkan paru-paru sepenuhnya, lalu hembuskan napas lewat mulut. Mengapa? Sebab, hidung adalah penyaring udara terbaik, sementara hembusan mulut akan lebih banyak membuang karbondioksida dan panas tubuh.

Demikian tips yang perlu Anda ketahui saat menjalankan olahragaberlari. Ingatlah, agar tubuh makin bugar, berlarilah dengan senang hati, lupakan sejenak segala persoalan dan rawatlah tubuh dengan olahraga hemat dan sehat yaitu dengan berlari.(Miftahun Nikmah-11/suara merdeka)


Advertisement
Comments
0 Comments
Back To Top