Pusat Humor di Otak Kita

Advertisement
Pusat Humor di Otak Kita
Skip Row Blog - Pusat Humor di Otak Kita
Otak manusia merupakan pusat komando sistem saraf pusat. Organ ini paling kompleks dalam tubuh manusia dan paling sulit dipahami. Para ilmuwan pun banyak yang menghabiskan waktu untuk mempelajari cara kerja otak manusia. Selain berfungsi untuk menyimpan kenangan, apalagi ya fakta tentang otak manusia yang perlu kita ketahui?

Berat otak manusia sekitar 1,36 kilogram, sekitar 75 persen bagian otak adalah air. Pertumbuhan otak manusia berhenti pada usia 18 tahun. Dan organ otak menggunakan oksigen sebanyak 20 persen dari total oksigen dalam tubuh. Saat kita menguap, otak sedang membangunkan kita, dengan cara menguapkan udara masuk ke dalam paru-paru sehingga meningkatkan oksigen ke otak.

Selain itu, otak manusia memiliki pusat humor. Maka, pada beberapa kasus pasien yang mengalami kerusakan lobus frontal otak, tidak bisa merespons humor. Wew! Kalau begitu, jika kamu masih bisa tergelak saat menonton acara komedi, berarti kamu masih normal. Fakta kedua, kamu tidak akan pernah merasa geli saat menggelitik diri sendiri. mengapa? Sebab otak akan menumpulkan sensasi geli saat kita melakukannya sendiri.

Soal mengingat, otak manusia jagonya. Namun, tahukah kamu, jika otak manusia cenderung lebih mampu mengingat lagu-lagu menyebalkan ketimbang lagu-lagu senang? Itu alasannya mengapa lagu-lagu dengan lirik aneh cepat meracuni pikiran kita untuk menyanyikannya padahal kita nggak sengaja menghafalkan. Semakin sebal pada suatu lagu, semakin mudah menghafalkan, hohoho....

Lalu, bagi kamu yang sering mengalami jet lag usai perjalanan jauh, wajib waspada. Sebab terlalu sering jet lag dapat merusah memori ingatan. Hal ini karena hormon stres yang dilepaskan selama jet lag dapat merusak lobus temporal dan memori Sementara itu, penelitian menunjukkan bahwa gelombang otak lebih aktif saat bermimpi daripada ketika seseorang terjaga.

Fungsi pendengaran manusia juga dipengaruhi oleh otak, lo. Maka, saat berada di ruangan bising, kamu tidak bisa mendengar percakapan telepon, karena otak nggak bisa membedakan kebisingan latar belakang dan suara di telepon. Bagi yang pengin melatih kemampuan multitasking, segera ambil game dengan adegan menembak musuh bersamaan. Pasalnya, menembak beberapa musuh sekaligus akan membagi perhatian kamu, ini berarti kamu berlatih bereaksi terhadap suatu rangsangan.

Sedangkan fungsi penglihatan yang dikendalikan otak manusia juga akan mengalami perubahan saat kamu berada di ketinggian. Ya, di daerah ketinggian yang tingkat oksigennya rendah, otak akan kekurangan oksigen. Saat itu, otak akan mempersepsikan pandangan visual jadi aneh. Hal ini disebabkan gangguan oksigen, yang mengganggu proses visualiasi dan emosional.

Nah, bagi yang bertanya-tanya mengapa kita bersin saat melihat matahari bersinar terang, jawabannya terkait kinerja otak, lo. Serabut saraf yang bersinggungan di otak akibat melihat sinar terang mengirim sinyal yang berasal dari mata melalui hidung. Akibatnya, hatcim! Kamu jadi bersinbersin, deh. (Ita N/Suara merdeka)
Advertisement
Tag : TAHUKAH KAMU
Comments
0 Comments
Back To Top