[Tutorial] MAXimizing Ur Andromax U JellyBean

Advertisement
[Tutorial] MAXimizing Ur Andromax U JellyBean
Skip Row Blog - Yiihaa.. udah Jelly Bean nih pasti kebanyakan. Buat yang masih ICS, sekarang dah waktunya update ke Jellybean.

Okay, sekarang waktunya memaksimalkan JellyBean kita, dan tulisan ini akan berketerusan akan ditambahkan master-master disini.

Benernya ini basic custom rom, jadi daripada download custom rom yg ratusan megabyte padahal yang ditambahkan ya benernya cuma tweak dikit aja, berarti pertama anda sudah makin pintar, kedua menghemat bandwith (dibaca pengiritan). Hehehe...

Nanti ini akan berisi dari tweak system sampai theming (tampilan UI).

Sebaiknya baca-baca ini dulu:
  1. Update ke JellyBean dan Membuatnya Rooted, beserta tip-tip mengatasi masalah (bug) yang ada: https://www.facebook.com/groups/192525750889493/doc/225427637599304/
  2. Kemudian baca-baca ini juga, Tweak Ur Max-U to the Max, dibaca aja, jangan dipraktekkan dulu: https://www.facebook.com/groups/192525750889493/doc/224803750995026/

I. *** Menghapus aplikasi bawaan
Pasti eneq liat aplikasi bawaan yang hampir ga pernah kita gunakan, malah makan bandwith dan buat system jadi berat. Berikut adalaha cara menghapusnya.

Bahan:
Titanium Backup

Caranya:
  1. Masuk System Setings dulu, Developer Options, di On, kemudian USB debugging di centang. (Lakukan seperti ini terus setiap habis restart).
  2. Buka titanium backup, pilih tab Backup/Restore.
  3. Hapus (backup dulu bagusnya sebelum uninstall) aplikasi yg tidak dibutuhkan.

List aplikasi yang aman buat dihapus:
  1. Connect Guide
  2. Smartfren
  3. Drive
  4. Email
  5. Exchange Services
  6. Excite
  7. Gmail
  8. Gudang Musik
  9. Maps
  10. News & Weather
  11. Smartfrenstore
  12. Uangku
  13. Viki
  14. VMS
  15. PicMix
  16. Youtube
  17. Pinyin (keyboard cina, paling bawah)

Kenapa aplikasi buatan Google dihapus juga bagusnya?
Karena akan kita greenify (Lihat Tweak Ur Max to the Max). Disamping bisa kita download dari PlayStore. Untuk cara greenify agar batere semakin irit lagi dan system enteng lihat caranya ditulisan tersebut.

II. *** Membuat system lebih responsif
Caranya:
  1. Masuk System Setting, Developer Options. Kalau belum On, ya di On-kan dulu.
  2. Windows animation scale rubah ke animation off atau .5x
  3. Transition animation scale rubah ke animation off atau .5x
  4. Animator duration scale rubah ke animation off atau .5x
  5. Disabhe HW overlays dicentang
  6. Force GPU rendering dicentang
  7. Reboot

III. *** Aktifkan Init.d
Kalau sudah berhasil tar kita mulai tweak2 gila2annya lagi..

IV. *** Anti Lag dengan Entropy Tweak By Pnormal Indo
Entropy mang biang kerok yg buat lag kalau buka aplikasi atau main gim. Sebetulnya tugasnya cuma buat random number yg dibutuhkan aplikasi aja agar bisa dieksekusi. Tapi kernel defaultnya mengcreate entropy dalam rentang waktu yang lumayan lama, sehingga ketersediaanya jadi membuat lag.
Seeder, V6 dll, membuat semacam entropy generator per 1 detik cycle yg akhirnya makan proses cpu dan mengakibatkan batere jadi boros, berkurang bahkan sampai 10-20 persen kalau hh kita nyalakan terus. Disamping cycle terbuang buat create entropy yg mentok2 sampai 4000+.

Saya juga compile frandom, buat inject random ternyata pas dicoba makan resource juga, walau bisa dimatikan ketika layar hh mati.

Daripada buat random generator tiap detik yg makan cpu cycle resource, nih saya buatin script yg dijamin entropy ga tekor2 banget bisa diatas 500, daripada defaultnya cuma 128. Tapi dah lebih dari cukup buat hh dual core buat ngatasi laggy. Dan tentunya tanpa makan resources cpu/batere sama sekali. Garansi batere tetep irit !!

Fitur:
Entropy > 500
IO scheduler menunda penulisan (dirty write) ke SDCard agar batere irit.
System Optimization.
Dll.

Bahan:
  1. Download disni filenya Versi 0.9a (99entropy_pnormal): http://www.mediafire.com/?zvz1phk3o39u19w,yhp60r2e7kb5oyg
  2. Rename menggunakan Root explorer bila ada extension .txt.
  3. Untuk mengetahui nilai entropy yg tersedia download aplikasi di Playstore namanya Check Random Entropy Available. Banding sebelum dan sesudah script ini dipasang. Bila script berhasil terpasang nilai entropy diatas 500. Bila gagal, nilai entropy dibawah 200.
  4. RootExplorer buat yg belum punya download disini: http://www.mediafire.com/download.php?vsc7n1uquq780m3

Cara Install:
  1. Gunakan Root Explorer copykan file 99entropy_pnormal ke /etc/init.d
  2. Permission di centang semua (caranya tap tahan file tersebut, pilih Permission).
  3. Reboot

V. *** Tweak CPU by Pnormal Indo
Ok sekarang, kita tweak CPU yuk..

  1. Sebelumnya baca dulu bahannya disini (Mengenal jenis Governor):http://www.facebook.com/groups/192525750889493/doc/225199027622165/
  2. Aplikasi CPU Stats: Download dari PlayStore.

Tweak meliputi:
  1. Mengganti Governor: Untuk kompromi terbaik berdasarkan pengalaman dengan MAX-U saya adalah menggunakan governoor conservative. Kenapa? Karena pertama Clock speed rata2 dibawah 700, berarti penghematan Batere. Score antutu tetep bagus dibandingkan dengan OnDemand (rata2 6800+ pakai SDCARD UHS). Artinya buat performa main gim gak terlalu berpengaruh. Malah terbukti makin irit.
  2. 2 Core Always On: Core kedua, defaultnya hanya on kalau load (beban cpu) mencapai level tertentu. Akhirnya malah terpaksa clock speed tinggi2 mulu baru core dua jalan. Daripada ganggu proyek biar dziiing dziiing kita, mending kita buat aja 2 core selalu on. Lihat pakai aplikasi CPU Stats sebelum dan sesudah tweak dipasang. Kedua core geser2nya sama, dan clock speed lagi idle ga pernah lebih dari 275Mhz. Terbukti juga tweak ini bikin irit batere dan respond makin dzing dzing !
  3. Kita buat tweak pakai script yg ditaruh di init.d. Kenapa? Karena kalau pakai aplikasi macam setcpu,cpu master dll, pertama, aplikasinya dah makan resource cpu. Kedua, ya ini belajar. Hehehe.. Biar makin pinter dan ngerti. Ternyata gini loh yang dikerjakan sama aplikasi2 macam tweak cpu itu. Disamping sama sekali ga makan cpu resources.

Caranya:
  1. Download file ini (99tweak_cpu_pnormal): http://www.mediafire.com/view/?0y77vcdjn26lasn
  2. Rename menggunakan Root Explorer. Hapus extension .txt kalau ada.
  3. Copy ke /etc/init.d
  4. Rubah permission centang semua
  5. Reboot
  6. Untuk mengembalikan hapus saja file ini dari init.d
  7. Lihat perubahan CPU pakai CPU Stats.

VI. *** Mod Services.Jar, biar lebih smoooth by Pnormal Indo
File services.jar mengatur fungsi dasar tampilan dan memory management, juga mensupport SystemUI.apk. Agar tampilan terlihat manis, banyak variable yg dikasih delay, termasuk dalam management memory-nya sangat sangat default. Sehingga keuntungan punya memory besar dan dual core kurang teroptimasi dengan baik.

Agar services.jar bisa diuprek2, maka file tersebut harus di-deodexed dulu. Silakan lihat doc saya mengenai cara deodexing ROM JB disini: http://www.facebook.com/groups/maxu.community/doc/228050980670303/

Tapi file bahan dah saya buat odexed lagi. Tinggal pake aja.

Fitur:
  1. Zero delay untuk semua fungsi UI
  2. Optimize for Multi-Tasking and Games
  3. Memory Management optimize for 768MB (benernya 526mb yg tersisa buat OS hehehe..)
  4. Dicobain aja..

Bahan:
Mod services.jar download disini dan extract di /sdcard: http://www.mediafire.com/download.php?zvz1phk3o39u19w

Cara Install:
  1. Gunakan Root explorer, tekan button mount r/w dulu. copy kedua file diatas ke folder /system/framework
  2. Permission untuk services_new.jar:https://dl.dropboxusercontent.com/u/66632469/MaxU/Screenshot_2013-03-29-07-15-08.png
  3. Permission untuk services.odex:https://dl.dropboxusercontent.com/u/66632469/MaxU/Screenshot_2013-03-29-07-15-27.png
  4. Ownership untuk keduanya:https://dl.dropboxusercontent.com/u/66632469/MaxU/Screenshot_2013-03-29-07-15-52.png
  5. Perhatikan, tidak ada file yg dihapus manual, tinggal timpa aja !!
  6. Reboot !

Cara Test
Lihat TIP dibawah !!

VII. *** Tip mengetahui apakah system sudah optimal
Versi RAM
Pengaturan OOM (memory RAM) di Jellybean sudah jauuuh lebih sempuran dari versi sebelumnya. Kalau lihat Enhancement Sheet dari JB, pengaturan ram disebut dinamis dan lebih enhance (mahir).
Aplikasi test score macam Antutu dll, hanya sebatas angka, tidak mencerminkan apa yang real dirasakan oleh user, jadi baiknya kita sendiri yang merasakan, tidak usah percaya pada benchmark tools.

Untuk mengetahui apakah ram kita sudah teroptimasi, bandingkan sebelum dan sesudah tweak terpasang:
  1. Mainkan gim berat HD, buat yg filenya kecil coba aja TempleRun Oz, dah set Visual Quality ke Maksimum. Mainkan sekurangnya 5-10 menit.
  2. Kemudian keluar, dan buka banyak aplikasi, umpama Facebook, Whatsapp, Line, Twitter, Browser.
  3. Pindah2 antar aplikasi tersebut menggunakan task manager (tahan Home lama, dan pilih aplikasi ganti2)
  4. Perhatikan baik2 apakah aplikasi macam ter-load ulang, seperti halaman FB tidak termuat halaman terakhir yg kita buka, tapi refresh loading lagi, begitupun ketika pindah ke browser, apakah pada posisi kita browse terakhir atau refresh loading lagi begitupun dengan aplikasi lainnya.
  5. Bila ternyata aplikasi2 lebih banyak load ulang, bisa dipastikan tweak gagal mengoptimasi system sesuai dengan karakter hh kita. Buang saja tweak yang kita install.

Gamer Tweak
Cara test sama seperti diatas. Tapi bandingkan Game TempleRun Oz, setelah kita bermain sekurangnya 10 menit. Sebelum dan sesudah tweak dipasang. Lebih enak, enteng ga lag atau malah laggy. Kalau malah worst, ya hapus saja tweaknya.

System yang ideal adalah ketika kita bermain gim tetap mulus, dan aplikasi multi tasking tetap berjalan dengan smooth.

Resepnya ya lihat tweak diatas.. lol :P


VIII. *** CPU Controller Script by padely
Script ini akan mengubah-ubah CPU Governor dan CPU Speed berdasarkan beberapa kondisi. Untuk mengetahui tentang CPU Governor, silahkan baca tulisan Pnormal Indo di atas. Script ini sebaiknya dipakai dengan thermal configuration yang sudah dimodifikasi agar ketika charging tidak terkunci di kecepatan 700Mhz (optional). 

Bahan bacaan thermal configuration ada di:

Jika sudah paham, mari kita mulai.
Tweak ini akan mengubah CPU Governor dan CPU Speed berdasarkan level batere dan juga status charging/discharging. Selain itu juga ada pengaturan dalvik vm yang akan berubah-ubah ketika screen on/off. Sebagian besar CPU Governor yang dipakai adalah conservative karena conservative paling cocok digunakan untuk menghemat batere dan berdasarkan pengalaman di Andromax U governor ini tidak begitu menimbulkan lag. Setting conservative yang dipake juga udah ditweak agar lebih responsif daripada conservative aslinya, jadi meskipun conservative tapi kinerjanya gak kalah sama ondemand tapi ramah untuk batere. Untuk lebih responsif lagi, dual core selalu aktif ketika screen on, dan akan diatur oleh system (umumnya dimatikan) ketika screen off.

Jangan takut background process akan mengakibatkan wake_lock sehingga tidak bisa masuk mode deepsleep, karena proses background nya tidak memiliki wake_lock. Resource yang terpakai untuk RAM hanya 364kb, dan untuk CPU tidak akan pernah lebih dari 0% sekali pun. Tested selama beberapa hari.

Kondisi:
1. Charging
  • CPU Governor = Ondemand
  • Max Speed = 1152000
  • Dual core aktif
  • Setting Ondemand default.
2. Batere diatas 75%
  • CPU Governor Conservative
  • Max Speed = 1152000
  • Dual core aktif
  • Speed naik apabia beban CPU diatas 85%, default 80% (lebih sering di speed rendah = batere irit)
  • speed diturunkan apabila beban CPU dibawah 55%, default 20% (lebih sering di speed rendah = batere irit)
  • kenaikan speed adalah 50% dari speed max, default 5% (lebih responsif)
  • sampling_rate 4x lebih cept dari aslinya agar lebih sering menaikkan/menurunkan speed sesuai kebutuhan.
3. Batere antara 50%-75%
  • CPU Governor = Conservative
  • Max Speed = 1008000
  • Dual core aktif
  • Speed naik apabia beban CPU diatas 85%, default 80% (lebih sering di speed rendah = batere irit)
  • speed diturunkan apabila beban CPU dibawah 55%, default 20% (lebih sering di speed rendah = batere irit)
  • kenaikan speed adalah 35% dari speed max, default 5% (lebih responsif)
  • sampling_rate 2x dari aslinya agar lebih sering menaikkan/menurunkan speed sesuai kebutuhan.
4. Batere antara 15%-50%
  • CPU Governor = Conservative
  • Max Speed = 700800
  • Dual core aktif.
  • Speed naik apabia beban CPU diatas 85%, default 80% (lebih sering di speed rendah = batere irit)
  • speed diturunkan apabila beban CPU dibawah 55%, default 20% (lebih sering di speed rendah = batere irit)
  • kenaikan speed adalah 10% dari speed max, default 5% (lebih responsif)
  • sampling_rate 2x dari aslinya agar lebih sering menaikkan/menurunkan speed sesuai kebutuhan.
5. Batere dibawah 15%
  • CPU Governor = Powersave
  • Dual core aktif.
6. Sleeping
  • CPU Governor = Powersave
  • Dual core diatur oleh system, (umumnya hanya core0 yang aktif = batere irit).

How to:
  • Pastikan hh kalian support init.d
  • Pastikan applet pgrep terinstall atau symlinked ke busybox.
  • Download file-nya di http://db.tt/b4QmwPwm
  • copy ke /system/etc/init.d
  • set permission nya ke rwxrwxrwx
  • reboot

Untuk mengetahui script jalan atau tidak, buka /data/CPU-Control.log
Di dalamnya akan ada log tiap2 profile yang diterapkan. Check secara berkala untuk memastikan. Selamat mencoba, dan jangan lupa kasih feedback guna penyempurnaan apabila profile kurang cocok.

Fix Buat Gamer:
Script CPU Controller di atas dirancang untuk penghematan batere, dengan setting governor conservative yang kurang cocok untuk gamer. Untuk itu, muncul lah update ini. Untuk saat ini (dan mungkin seterusnya) saya hanya membuat fix simple, yaitu dengan mengganti governor ke ondemand atau performance tetapi harus dilakukan secara manual. Bisa saja saya buat supaya bisa mengganti secara otomatis dengan cara deteksi jika game "tertentu" jalan, maka akan menganti ke profile gaming. Namun karena kata "tertentu" bisa bermacam-macam, maka akan menjadikan script terlalu panjang.

Bahan:
  • Download file http://db.tt/J8yqP5jZ
  • Extract kedua file, dan copy ke /system/xbin
  • Set Permission ke rwxrwxrwx


Cara apply:

  • Buka terminal emulator
  • Ketik "su" kemudian enter
  • Ketik "gamer" atau "gamerx" kemudian enter


Penjelasan:
"gamer" akan mengubah governor menjadi ondeman dengan frekuensi maks 1152000.
"gamerx" akan mengubah governor menjadi performance yang frekuensinya tidak akan pernah turun dari 1152000.
Selama screen nyala, governor tidak akan berubah. Jika screen mati, maka governor berubah sesuai profile CPU Control, jadi harus diulang. Intinya kalo ingin tetap di performance atau ondemand, screen jangan sampai mati. Peringatan, "gamerx" akan membuat hh panas dan batere boros, tapi paling enteng buat main game berat.



IX. *** Bermain dengan CPU Temperature by Pnormal Indo
Buat yg complain main gim masih lag and dbla bla. Atau yg kesel kok score antutu rendah, bisa coba tweak throtle CPU Temperature ini.

Bacaan bisa lihat buatan agan padely diatas.

Kelebihan:
  1. Ga makan cpu cycle, otomatis tetep irit baterenya.
  2. Throttle cuma 2 temperature aja. Full speed, dan kalau dah kelewat anget diturunin clocknya sampe dingin, sampe threshold tertentu dan begitu seterusnya.
  3. Aman sentosa gada restart2.

Kekurangan:
Rada anget, tapi ga sampe restart2 mulu (overheat), dah saya coba main MC4 sejam. Anget dikit aja. Tar paling lag dikit2 dan minim banget, hampir ga kerasa, pas dingin normal lagi speednya.

Ok. Kalo dah nekat mo coba ini bahannya:

Caranya:
  1. Copy file diatas ke /system/etc.
  2. Permission dan owner dirubah seperti diatas (lihat gambar2)
  3. Buka terminal, ketik: su (enter)
  4. Ketik: ln(spasi)/system/etc/thermald-extreme.conf(spasi)/system/etc/thermald.conf(enter)
  5. Reboot.
  6. Selesai.
  7. Buat balikkin: ln(spasi)/system/etc/thermald-8x25-115200_therm.conf(spasi)/system/etc/thermald.conf(enter)

Yihaaa !!

******************
Sementara ini dulu nanti ditambahkan sehabis uprek2, hehehe, kalau ada master lain ada yang ingin menambahkan silakan.

Source : https://www.facebook.com/groups/maxu.community/doc/225840477558020/
Advertisement
Tag : andromax u, tips
Comments
12 Comments
Back To Top