Makanan Pencegah Gigi Berlubang

Advertisement
Makanan Pencegah Gigi BerlubangSkip Row Blog - Gigi berlubang merupakan salah satu masalah gigi yang paling umum. tidak ada batasan usia atau umur untuk penyakit ini. Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan, salah satunya adalah makanan/kue bercitarasa manis.

Rasa manis yang berlebihan membuat bakteri dalam mulut berkembang. Sumbatan sisa makanan dalam rongga gigi juga memicu gangguan gigi berlubang. Inilah alasan utama mengapa kita harus menggosok gigi seusai mengkonsumsi makanan. Nah, daripada terpaku bagaimana cara kita mengobati masalah gigi, lebih bijaksana lagi bila kita mencoba untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah kita guna mencegah masalah-masalah yang berkaitan dengan gigi. Memperhatikan jenis-jenis makanan yang kita konsumsi menjadi kunci utama dan paling akurat guna menjaga kesehatan gigi. Berikut ini adalah tujuh jenis makanan pencegah/penangkal gigi berlubang , seperti yang dilansir harteg di rubrik rupa-rupa :

1. Sayuran Berserat
Sayuran berserat merupakan sahabaat baik gigi. wortel dan sayuran hijau dapat melindungi gigi dari serangan bakteri. hal ini disebabkan karena sayuran tersebut mempunyai kandungan serat yang tinggi.

2. Seafood
Aneka Seafood (makanan laut) seperti tiram, udang, dan klem adalah sajian laut yang kaya kalsium. Kalsium ini adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk memerkuat gigi kita.

3. Daun Mint
Mint adalah salah satu dari disinfektan alami. Mengunyah daun mint adalah salah satu cara untuk melindungi gigi secara alami.

4. Permen karet Bebas Gula
Permen karet biasanya dianggap sebagai musuh gigi. Tapi faktanya, kekenyalan permen karet yang membuat gigi terus mengunyah, membuat gigi menghasilkan asam mulut. Disinilah lapisan pelindung gigi terbentuk.

5. Kismis 
Kismis mengandung flavonoids dan photophenois. Dua kandungan ini berfungsi untuk mengontrol bakteri dalam gigi.

6. Makanan Bebas Rasa manis
Biasakanlah mengkonsumsi makanan dengan cara netral dan menyegarkan seperti mentimun, hindari buah-buahan dengan rasa manis, seperti anggur dan persik. Dua buah ini adalah salah satu contoh yang membuat gigi rentan terhadap bakteri .

7. Biji-Bijian Dalam Bentuk Utuh (Whole Grains)
Biji-bijian dalam bentuk utuh sangat disarankan. Seperti beras coklat, jagung dan gandum. Bahan pangan ini sangat efektif untuk memerangi gigi berlubang.

Demikian lah artikel tentang 7 makanan penangkal gigi berlubang, semoga dengan membaca artikel ini kita terbebas dari masalah-masalah yang berkaitan dengan gigi.
Advertisement
Tag : KESEHATAN
Comments
0 Comments
Back To Top