Ternyata Mata Kita Mampu Membunuh Kuman

Advertisement
Ternyata Mata Kita Mampu Membunuh Kuman

Sisi Tubuh Kita Yang Manakah Yang Sangat Juara Satu Saat Membunuh Kuman ? Apabila Bicara Masalah Kemampuan Tubuh Membunuh Kuman, Mata Yaitu Juaranya. Temuan Ilmuwan University Of California At Berkeley Ini Bisa Mengarah Pada Pembuatan Obat Antimikroba Baru Serta Murah.

Hasil Riset Mereka Tunjukkan Protein Didalam Mata Bisa Menolong Menghindari Bakteri Patogen. Tim Ilmuwan Mata Mendapatkan Bahwa Ada Sisi Kecil Protein Keratin Didalam Mata Yang Memainkan Peran Kunci Saat Mengusir Bakteri.
Peneliti Memakai Versi Sintetis Dari Fragmen Keratin Tersebut Untuk Menguji Bermacam Bakteri Patogen. Molekul Sintetis Itu Efisien Membunuh Bakteri Pemicu Penyakit Pemakan Daging Serta Radang Tenggorokan ( Streptococcus Pyogenes ), Diare ( Escherichia Coli ), Infeksi Staph ( Staphylococcus Aureus ), Serta Infeksi Cystic Fibrosis Paru-Paru ( Pseudomonas Aeruginosa ).
Temuan Yang Dipublikasikan Didalam Journal Of Clinical Investigation Edisi Oktober Ini Bisa Mengungkap Sumber Senjata Baru Saat Memerangi Bakteri Pemicu Penyakit. Fragmen Keratin Ini Relatif Gampang Dibikin Hingga Punya Potensi Sebagai Obat Murah.

“Yang Menarik, Keratin Ini Telah Ada Didalam Tubuh Kita, Hingga Tentu Tidak Beracun Serta Berbentuk Biocompatible, ” Kata Peneliti Utama Studi Itu, Suzanne Fleiszig, Dosen Mikrobiologi Serta Penyakit Menular Di School Of Optometry Uc Berkeley. “Molekul Antimikroba Alami Yang Diidentifikasi Didalam Riset Pada Mulanya Nyatanya Toksik Atau Gampang Dinonaktifkan Oleh Konsentrasi Garam Didalam Tubuh Kita. ”

Protein Kecil Yang Ditemukan Tim Ilmuwan Ini Yaitu Turunan Dari Cytokeratin 6a, Di Antara Protein Filamen Yang Saling Terkait Membentuk Jejaring Di Semua Sitoplasma Sel Epitel.

“Dulu Kami Menduga Cytokeratin Hanya Protein Struktural, Namun Studi Kami Menunjukkan Bahwa Fragmen Keratin Ini Juga Mempunyai Kekuatan Memerangi Mikroba, ” Kata Connie Tam, Bagian Tim Peneliti. “Cytokeratin 6a Bisa Ditemukan Didalam Sel Epitel Kornea Manusia, Demikian Juga Di Kulit, Rambut, Serta Kuku. Ini Yaitu Area Tubuh Yang Terus-Menerus Terpapar Mikroba, Hingga Masuk Akal Apabila Mereka Jadi Sisi Dari Sistem Pertahanan Tubuh. ”

Riset Perihal Cytokeratin 6a Di Laboratorium Fleiszig Berawal Saat Tim Peneliti Berusaha Memecahkan Misteri Daya Tahan Mata Pada Infeksi Yang Luar Biasa. Mereka Mendapatkan Bahwa Tak Ada Bakteri Yang Hidup Di Permukaan Mata, Tidak Sama Dengan Permukaan Tubuh Yang Lain. Didalam Eksperimen Kultur Di Laboratorium, Dapat Dibuktikan Jaringan Kornea Dapat Menyapu Bersih Bakteri Patogen.

“Sangat Sukar Menginfeksi Kornea Dari Mata Yang Sehat, ” Kata Fleiszig. “Kami Apalagi Memakai Kertas Tisu Untuk Mengakibatkan Kerusakan Sel Permukaan Mata Serta Mengolesnya Dengan Bakteri, Tetapi Terus Menjumpai Kesusahan Memasukkan Bakteri Ke Didalam Kornea. ”

Waduh, Penelitian Yang Akhirnya Mencengangkan, Namun Kok Langkahnya Cukup Mengerikan Juga Ya.
(Science Daily, Tempo)
Advertisement
Comments
0 Comments
Back To Top