Advertisement
Salah Seting Gir
Kenapa pabrik pasang gir reduksi
motor baru sama semua? Pertimbangannya, setingan gir segitu sesuai dengan power
mesin dan trek pada umumnya. Maksudnya kalau jalan yang dilalui menanjak
tinggal dibuat enteng. Sebaliknya dibikin berat umpama jalurnya banyak datar.
Makanya ingat. Saat melakukan
seting sproket, teori macam itu jangan sampai terbalik. “Kalau terbalik, bukan
cuma motor yang tidak bertenaga. Bensin yang dikonsumsi makin boros,”
Rantai Kendur
Rantai roda kendur tenaga mesin
hilang. Gas ditarik namun lama berreakasi. Roda berputar lebih lama lantaran
menunggu rantai mengencang. Makin boros jika mata gir dan rantai aus. Juga
karet peredam gir sudah pada terkoyak.
Laher Roda Seret
Bola laher seret akibat karat
atau permukaan sudah koyak. Akibat pemasangan laher salah pun bisa bikin bensin
boros. Contoh kalau dudukan laher di teromol longgar akibat terkikis. Alhasil
lingkar dalam laher akan terjepit dengan bos teromol dan menyebabkan putaran
tersendat.
Kampas Kopling Tipis
Kerap kali Em-Plus menegur
pemilik motor agar mengganti kampas kopling. Jika kerja pemindah daya nggak
maksimal, tenaga dari mesin untuk menyalurkan ke komponen reduksi jadi terbuang
percuma. Enggak heran kalau kampas kopling tipis disebut biang boros bensin.
Karena tenaga dari mesin tidak efektif memutar reduksi. Yang ada, bensin banyak
dikeluarkan.
Kabel Massa Kendur
Jangan lihat kabel massa di motor
sebagai peranti sepele. Terlebih tunggangan yang mengusung pengapian arus DC.
Jika aliran arus di kabel massa tidak maksimal, timbul gejala mbrebet saat
mesin bekerja.
“Sebab komponen pengapian tidak
didukung arus setrum yang sempurna. Tak ayal gejala mbrebet pun berisiko gas
bakar terbuang percuma,”
Slang Getas Bikin Bocor
Bensin boros nggak cuma
disebabkan pembakaran tak sempurna. Tapi slang bensin getas akibat kelewat
waktu pakai, juga faktor utama cairan gas bakar ini hilang entah kemana. Soale,
slang getas yang diklaim tidak mampu menjepit ke pipa di kran dan karbu,
berisiko melepas bensin lewat celah yang sudah longgar. Jangan lupa dong
diganti.
Filter Udara Kotor
Filter udara kotor mengakibatkan
suplai bensin ke ruang bakar berlebih. Udara yang mestinya bercampur dengan
bensin jadi tidak imbang gara-gara terhimpit debu. Di ujung cerita, pasokan
bensin tambah boros.
Hindari Paking Knalpot Bocor
Paking bocor juga bisa bikin
boros. Sebab silinder masih butuh tendangan balik (turbulensi) gas bakar yang
dilepas lewat pipa knalpot. “Jika paking bocor, tendangan balik berkurang. Gas
bakar baru banyak yang terbawa keluar,”
Gas Seret
Idealnya, gas bakar akan terisap
bila piston skep diperintah untuk membuka. Makanya bila kabel seret, skep
terangkat melulu dan bensin mengalir terus. Agar tidak mubazir, segara servis
kelancaran kabel gas skep karbu. Cukup diduci pakai cairan pembersih dan
dilumasi oli, dijamin gas bakar tidak terbuang percuma.
(kaskus.co.id)
Advertisement
Tag :
tips