AS Akan Ganti Ribuan Tentara dengan Robot

Advertisement
Foto: AP
Skip Row Blog - AS Akan Ganti Ribuan Tentara dengan Robot
ROBOT: Amigo, robot putih seukuran manusia. Tentara AS sedang mempertimbangkan mengganti tentara dengan robot.


WASHINGTON - Amerika Serikat berencana merampingkan angkatan bersenjatanya hingga 1.000 orang dalam beberapa tahun ke depan. Namun, hal ini tidak akan berdampak banyak bagi kekuatan AS. Sebab, negeri Paman Sam berencana membentuk pasukan robot untuk menggantikan kekurangan personel di medan tempur. Jenderal Robert Cone, kepala Komando
Pelatihan dan Doktrin AS, mengatakan bahwa di masa depan kekuatan militer AS akan lebih sedikit, tapi lebih mematikan, berdaya tahan tinggi dan gesit. Berbicara di Army Aviation Symposium di Arlington, Virginia, pekan lalu, dia mengatakan bahwa Angkatan Darat hendak menyusutkan brigade tempur mereka dari 4.000 orang menjadi 3.000 . Gantinya adalah robot dan perangkat tempur nirawak.
Nantinya, kata dia, skuad infanteri yang biasanya beranggotakan sembilan orang bila disusutkan lagi. Dalam pertempuran nanti, pasukan robot atau kendaraan nirawak akan maju lebih dulu ke garis pertempuran, kemudian disusul tentara di belakangnya.
Hal ini sudah barang tentu akan menghemat persenjataan dan perlindungan. Terlebih lagi, strategi ini bisa mengurangi beban bawaan para tentara di lapangan.
“Dalam 12 tahun perang, demi melindungi tentara, kami mempertaruhkan semuanya. Saya, kami, juga kehilangan banyak kemampuan serang. Angkatan bersenjata ingin pasukan yang mampu bermanuver, diturunkan di mana saja dan punya kemampuan menyerang balik,” kata Cone, dilansir dari Defense News awal pekan ini.
Ahli robot militer dan kendaraan nirawak di jurnal IHS Jane’s, Huw Williams, mengatakan bahwa AS belum ada rencana untuk membuat robot yang mampu melakukan serangan secara otomatis. ¦ vvn-Ct
Advertisement
Tag : TEKNOLOGI
Comments
0 Comments
Back To Top