Tertawa Itu Sehat

Advertisement
Acara yang mampu mengocok perut pun tak pernah usang oleh waktu. Lihat saja dari dulu hingga sekarang, di layar maupun di bioskop bermunculan acara dan  humor yang menghibur. Dalam pertunjukkan negeri ini pun, kerap kali skenarionya menyematkan unsur humor untuk mengundang rasa tawa.
Aktivitas bersenda gurau nan santai inilah menjadi bagian dari seluruh aktivitas yang dijalani anak anak hingga orang lanjut usia  tidak hanya mujarab untukmengembalikan pikiran yang positif, tapi memberikan manfaat kesehatan. Wow, menarik bukan! 

Ada beberapa poin positif yang dipetik dari aktivitas hahaha atau tertawa. Bahkan sudah ada yang menjadikannya sebagai bagian terapi kesehatan.
Maka, diambil dari artikel kesehatan The Health Benefits of Laughter dalam situs Seniors Health Medicare, inilah beberapa manfaat positif tertawa bagi kesehatan, yang menarik untuk disimak, antara lain: Membantu mengurangi rasa sakit. Hal ini telah diteliti dr Lee Berk, Pengajar Bidang Kesehatan Masyarakat dari Loma Linda University, Amerika Serikat.
Dalam penelitian yang dilakukan Berk terlihat bagaimana beberapa sampel darah dari responden yang telah diinformasikan tiga hari sebelumnya akan menonton film komedi, mengalami peningkatan. Kenaikan itu terjadi sebesar 27 persen pada hormon beta-endorphins, sebuah hormon alamiah menekan rasa sakit.
Manfaat tertawa lainnya adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal itu dibuktikan oleh Michael Miller MD FACC, Direktur Bidang Kardiologi Preventif dari University of Maryland Medical Center, Amerika Serikat. Menurut Miller, dengan tertawa memungkinkan lapisan dalam pembuluh darah menjadi lebih lebar. Qtomatis, aliran darah berjalan lebih lancar, karena mampu mengurangi penyumbatan darah.
Masih ada manfaat lebih dari tertawa. Berk membuktikan bahwa tertawa dapat meningkatkan jumlah dan tingkat aktivitas natural killer cells untuk menyerang , sel jahat, seperti kanker. la juga dapat membantu menangani infeksi saluran pernapasan atas, serta meningkatkan tingkat gamma interferon, sejenis protein yang mengaktifkan komponen-komponen penunjang sistem kekebalan tubuh.
Jadi, tunggu apa lagi, tertawalah dengan riang dan sesuka hati. Ajak teman, kerabat untuk menonton film komedi, sehingga manfaat tertawa bisa distimulasi bersama-sama.
 Source : Kompas Klasika
Advertisement
Tag : Health
Comments
0 Comments
Back To Top